Thursday, November 27, 2014

Lihat !!! Ternyata Semut Memiliki Tempat Pemakaman

Assalamualaikum Wr Wb. Aku berpikir manusia saja yang memiliki tempat pemakaman, akan tetapi semut juga memilikinya. Tak kusangka o... tak kusangka :D. Awalnya aku menemukan tempat pemakaman semut tersebut disaat aku berjalan-jalan di halaman dan setelah itu aku melihat banyak semut-semut itu berkumpul menjadi satu. Aku pikir ia hidup.

Namun ternyata itu adalah mayat-mayat semut yang berkumpul menjadi satu dan disatukan oleh koloni lainnya. Dan anehnya tempat pemakamannya berada di luar sarangnya. selengkapnya lihat gambar dibawah ini.

Sarang semut dari jauh

Sarang semut dari dekat

Dan disebelah sekitar kurang lebih 40 Cm terdapat pemakaman semut dan disitulah letak mayat - mayat semut yang dimakamkan bergempangan. Selengkapnya lihat gambar dibawah ini.

Pemakaman semut dilihat dari jauh

Pemakaman semut dilihat dari dekat

Hmm.... sudah lihat bukan. Ternyata di dunia ini tidak ada sesuatu yang kebetulan. Semua sudah diatur oleh Allah SWT. Oleh karenanya kita harus bertawakal dan yang aku maksud tawakal disini adalah tawakal aktif dan bukan tawakal pasrah. Sebab jika tawakal pasrah, fatal deh akibatnya ^_^

15 komentar:

Adi Pradana said...

Subhanallah... Sungguh besar kekuasaan allah

Dimaz Risen said...

baru tau, memang sungguh besar kekuasaan allah, seharusnya kita bisa lebih menikmati dan belajar dari hal kecil, contohnya semut diatas :)

Ainnul Yaqin said...

Subhanallah sungguh besar sekali kekuasann allah :) sampe" semutpun memiliki akal dan sifat yang agak mirip dengan manusia

Sophia Mega Sabila said...

Emang beneran nih makam semut?

Ipah Kholipah said...

subhanalloh semut juga punya pemakaman yah :)

Affan said...

Wah ... Mungkin itu benar

lapakmedan said...

wahhh begitu ya bang? kerenn..

Aryanto hadi wicaksono said...

Sophia Mega Sabila memang bener buktinya di foto gitu ^_^

Dani Maulana said...

Bahkan kita harus mau belajar dari hewan kecil seperti semut.

M Fajar Saputra said...

Lah, baru tau juga nih ada makamnya, subhanallah

Arif Rudiantoro said...

Subhnalloh:)
Baru Liat :)

Zazuli said...

Subhanallah. Rupanya itu makamnya ya.

Gue pernah baca memang, ketika ada seekor semut mati, semut2 lain bisa tau karena ada semacam zat kimia dari si mayat, yang bisa dideteksi sama temen-temennya. Jadi semacam sinyal gitu. Semut-semut lain yang menangkap sinyal itu terus bergerak mengangkat mayat temennya itu ke luar sarang.

Tapi sumpah baru sadar ternyata yang selama ini gue liat di depan rumah ternyata adalah pemakaman semut. Subhanallah.

Terimakasih sudah posting

Neng Fana Gumelar said...

Subhanallah, dan aku baru tau hal ini :'D

Keke Naima said...

saya juga baru tau, nih :)

Nathalia Diana Pitaloka said...

keren!
saya br tau & br liat jg...