Monday, January 21, 2013

Cara Menemukan Jati Diri Sendiri

Sumber Gambar: catatan-seorangmuslim.blogspot.com
Cara Menemukan Jati Diri Sendiri | Apa itu Jati Diri? Banyak sekali definisi mengenai pengertian jati diri. Ada seseorang yang berdefinisi jati diri = karakter dasar, Adapula yang berdefinisi Jati Diri itu adalah Diri anda sesungguhnya, Adapula yang berdefinisi jati diri adalah aku sejati, dan Adapula jati diri itu akan kita
dapatkan seiring semakin dewasanya kita. Itulah sedikit informasi dari pengertian atau definisi mengenai jati diri. Bagaimana Menemukan suatu jati diri?. Hal yang perlu anda lakukan adalah melakukan sedikit Identifikasi mengenai penemuan sebuah jati diri. Kalau aku sih mencari sebuah jati diri dengan melakukan identifikasi diri sendiri dan juga mempelajari ilmu agama. Bagaimana dengan anda untuk mencari sebuah jati diri?. Kalau belum mengetahuinya aku akan memberikan sebuah tips mengenai Cara Menemukan Jati Diri Sendiri. Dan inilah tipsnya:

1. Berpacu pada hal yang di atas adalah melakukan identifikasi diri sendiri atau lakukanlah intropeksi diri sendiri. Pelajari dengan melakukan Renungan, Berpikir, Berkata kepada orang tua anda atau lakukanlah komunikasi dengan orang tua anda dan menanyakan kepada orang tua anda tentang keahlian anda di waktu anda masih kecil, karena orang tua anda mengetahui seluk beluk anda. Dan ingat, anda diberikan oleh Tuhan Yang Mahaesa Penglihatan, Pendengar, dan Hati supaya anda bersyukur. So, gunakan sebaik-baiknya Penglihatan, Pendengaran, dan Hati anda untuk mencari sebuah jati diri anda. Satu hal yang tidak diperbolehkan dalam mencari suatu jati diri. Apa itu? yaitu mencari jati diri mengenai  Jenis Kelamin. Maksudnya anda tidak diperbolehkan merubah jenis kelamin anda, karena itu dilarang agama. Ingatlah akan Kisah Kaum Nabi Luth yang terkena azab akibat melakukan hal yang tercela. Okey :).

2. Kritikan baik itu adalah sebuah cermin. Ya, banyak lah orang yang tidak mau di kritik. Apalagi kritik pedas pasti tidak mau. Tapi kalau Kripik Pedas, Pasti Mau :D. Tapi biasanya kritikan yang baik itu adalah sebuah cermin bagi anda mengenai sifat-sifat anda. Saranku alangkah baiknya anda menerima sebuah kritikan yang baik untuk membangun diri anda yang lebih baik.

3. Renungkan tentang masa lalu anda di waktu kecil. Aku juga melakukan hal ini untuk mengetahui bakatku. Ya, kalau aku dulu pada waktu kecil suka membuat cerita dan suka berimajenasi. Bagaimana dengan bakat anda di waktu anda masih kecil?. Ingat bakat itu adalah sesuatu yang paling disukai anda.

4. Jalani Hidup ini dengan Membaca. Ingat banyak sekali definisi-definisi mengenai Membaca. Mau Tahu? kalau gak mau tahu yaaaa sudalaaah :). Oke akan aku jelaskan sedikit, kenapa sedikit? Soalnya aku juga mengetahui sedikit mengenai definisi Membaca :D. Oke aku jelaskan. Membaca itu bisa definisinya membaca buku dan juga berdefinisi Membaca dalam melihat situasi dan keadaan. Seorang yang sukses dapat membaca situasi dan keadaan di sekitarnya. So, Jalani Hidup dengan Membaca dan jangan melupakan Yang menciptakan anda okey :).

Itulah adalah informasi dari aku yang mungkin bisa membuat anda termotivasi. Jika ada kesalahan dalam penulisanku Mohon Dimaafkan. Jika artikel ini berguna untuk anda, maka alangkah baiknya anda membagikan artikel ini dengan cara ngshare atau berbagi ke teman facebook anda atau teman twitter anda atau teman google plus anda. Karena dengan membagikan ilmu yang bermanfaat yang anda ketahui sama saja anda menanam sebuah kebaikan dan kebaikan itu akan datang kepada anda dengan 10 kali kebaikan atau bahkan lebih. So, Terima Kasih telah membaca :)

5 komentar:

Muhammad Irvan Avib Azizi said...

paling setuju dengan sama point terakhir gan, saya awalnya ga hobi membaca namun setelah bergelut dengan dunia IT apalagi blogger yang mengharuskan mebaca dan memahami jadi skrg saya lumayan suka membaca gan :D

Blog makanan sehat said...

Baru tau kalo untuk menemuka jati diri ada manualnya .. hehehehe

tp menarik juga nih ;) biar memidahkan kita menjalani proses menuju dewasa ...

sigma said...

mantab sob .. makasih pencerahannya

apri yumi said...

banyak yang bisa saya ambil dari artikel anda...
makasih gan...

Aryanto hadi wicaksono said...

oke sama-sama :D