Friday, January 25, 2013

Ciri-ciri Orang Baik

Sumber Gambar : antokoe.com

Orang Baik adalah orang yang berakhlak baik. Orang yang baik bisa di lihat dengan mata telanjang, bisa di lihat dengan sikapnya, juga bisa di lihat dari wajahnya, dan bisa di lihat dengan pendengaran (mendengar informasi dari orang-orang yang memahami karakter orang tersebut). Banyak sebagian orang yang belum mengetahui Ciri-ciri orang yang baik. Makanya ia terasa kecewa pada saat berumah tangga dengan orang tersebut. Lalu bagaimana mengetahui ciri-ciri orang baik?. Aku melakukan sebuah pengamatan sendiri dan aku hanya mengetahui sedikit informasi untuk anda dan semoga saja informasi ini berguna untuk anda. Inilah Ciri-ciri Orang Baik:


1. Lihat Tutur Katanya atau Perkataannya. Orang yang baik selalu berkata baik dan orang yang tidak baik selalu perkatannya tidak baik. Orang yang baik pasti sulit berkata rusuh atau berkata kotor. Sangat berat sekali jika orang baik tersebut berkata kotor. Tapi kalau orang yang tidak baik pasti To Be-nya keluar. Mau tahu apa itu To Be-nya orang yang tidak baik itu? yaitu To Be-nya orang tidak baik adalah berkata kotor. Jadi maksudnya jika orang yang tidak tersebut berkata, pasti ada To Be-nya (kata-kata kotor). Aku tidak akan memberi contoh mengenai kata-kata kotor. Biarkan anda yang mengetahuinya sendiri :)

2. Lihatlah Wajahnya. Apakah anda pernah dengar pribahasa seperti "Isi Teko" Aku agak lupa pribahasa tersebut :), Tapi akan aku deskripsikan saja okey :). Begini "Jika isi Teko itu airnya keruh, pasti Teko tersebut mengeluarkan air yang keruh dan Jika isi Teko itu airnya bersih, pasti Teko tersebut mengeluarkan air yang bersih pula". Dari pribahasa atau pepatah tersebut bisa disimpulkan bahwa Jika hati orang tersebut tidak baik, maka raut wajahnya tidak baik dan jika hati orang tersebut baik, maka raut wajahnya baik. Jadi Jika segumbal daging (Hati) baik, maka baiklah semuanya dan Jika segumpal daging (Hati) jahat, maka jahatlah semuanya.

3. Lihatlah Kelakuannya. Semua orang pasti memiliki kelakuan atau sifat-sifat yang berbeda-beda. Maksud dari Lihatlah Kelakuannya adalah lihatlah apakah orang tersebut ringan tangan. Ringan tangan terdapat dua arti yaitu ringan tangan itu suka menolong dan kata lain dari ringan tangan yaitu suka memukul. Disini aku akan menjelaskan arti kata ringan tangan yang nomer dua yaitu suka memukul. Lihatlah orang tersebut apakah orang itu ringan tangan (suka memukul). Jika ia, maka lakukan lari seribu bayangan :) maksudnya tinggalkan orang tersebut. jika anda tidak mau meninggalkannya, maka anda akan menjadi benjut :D. So, tinggalkan orang yang ringan tangan (suka memukul), karena itu tak ada gunannya :)

Itulah informasi dari aku dan kesimpulan yang dapat diambil dari artikel ini adalah bahwa orang yang baik adalah orang yang memiliki tutur kata yang baik, wajahnya berseri, dan kelakukannya yang tidak kasar. Bagi orang islam Nabi Muhammad SAW adalah contoh orang yang baik dan Suri Tauladan yang baik. So, "JADILAH ORANG YANG BAIK. SEBAB JIKA ANDA ORANG YANG BAIK, PASTI MEMILIKI TEMAN ORANG BAIK. LAIN HALNYA DENGAN SEBALIKNYA. OKEY :)". Itu adalah informasi yang mungkin berguna untuk anda dan Aku bukan menggurui anda lho, aku kan cuma berpendapat dan nasehat-menasehati :).

5 komentar:

Grey said...

Semoga bisa menjadi orang baik seperti itu, nice artikel!

MaMa Rey said...

artikel yang menarik..
semoga kita menjadi orang yang baik-baik..pasti orang akan baik kepada kita

prisma said...

setuju gan dengan artikelnya

Rizal Budianto said...

hmm untuk poin yang pertama ane kurang setuju gan, karena menurut ane, kesopanan dalam kata-kata cuma jadi topeng aja. Untuk poin yg lain ane setuju.. mampir ke blog ane ya gan, comment back juga kalo bisa.. makasih gan, keep blogging :)

atma said...

Nice info