Monday, July 15, 2013

Cara Meraih Malam Lailatul Qadr

Cara Meraih Malam Lailatul Qadr | Di tulis oleh Prof Dr Quraish Shihab Direktur Pusat Studi Al-Quran. Bahwa Cara memperoleh Lailat-u al-Qadr adalah giat mendekatkan diri kepada Allah dengan aneka kebajikan. Kebajikan dimaksud bukan sekedar ibadah ritual atau membaca ayat-ayat Alquran dan beri'tikaf, tetapi aneka kebajikan sosial, upaya menambah pengetahuan yang bermanfaat, serta menghiasi diri dengan akhlak mulia sambil membersihkan jiwa dari segala macam penyakit kejiwaan, seperti angkuh, iri hati, riya dan sebagainya. 

Ibadah-ibadah yang dilakukan secara tulus dan ikhlas akan dapat berbekas dalam jiwa sehingga pada akhirnya ia mendapatkan kedamaian, ketenangan, lalu mengubah secara total sikap hidupnya. Boleh jadi yang bersangkutan sebelum ini, masih sering melakukan pelanggaran kecil atau besar, tetapi sebagaimana kita ketahui, seringkali ada saat-saat tertentu dimana timbul kesadaran di dalam hati, kesadaran akan dosa dan kelemahan manusia di hadapan Allah, sehingga mengantar seseorang utuk mendekat kepada-Nya sambil menginsyafi kesalahannya.

Kesadaran dan keinsafan itulah yang mengubah sikapnya 180 derajat.Kesadaran semacam itulah bukti bahwa ia telah mendapatkan Lailat-u al-Qadr.

Kesadaran ini memang dapat muncul kapan saja, tetapi pada malam-malam Ramadan—khususnya pada akhir bulan Ramadan—kesempatan untuk mendapatkannya sangat besar bagi mereka yang mengasah dan mengasuh jiwanya sejak awal Ramadan, apalagi Allah sendiri telah menetapkan salah satu malam dalam bulan itu untuk tujuan tersebut. Seperti Anda ketahui pada malam Lailat-u al-Qadr malaikat turun. Malaikat adalah makhluk Allah yang selalu berbuat kebajikan. Siapa yang ditemani malaikat, maka tentulah ia akan terus terdorong untuk melakukan kebajikan. Demikian, dan semoga kita dapat “menemukan” malam mulia itu. Wa Allah A’lam.

Sumber Rujukan: http://ramadan.detik.com/read/2013/07/15/120638/2302765/1250/cara-meraih-malam-lailatul-qadr?992204cbr

10 komentar:

MHI said...

subhanallah, postingan yang bermanfaat, sem,oga kita bisa mendapat malam lalatul qadr aamiin

Unknown said...

thanks sharing :)

Pri617 said...

Semoga kita mendapat mlm keberkahan tersebut...

"Allahumma innaka afuwwun, tuhibbu 'l-afwa, fa' fuu annii..."

aamiin...

Anonymous said...

sebuah keajaiban bilamana bisa mendapatkan malam lailatul qadar :)

Jocker said...

semoga suatu saat bisa mendapatkan malam lailatul qadar :)

JIM said...

wuah, thanks...
semoga kita semua di sini bisa mendapatkannnya...
Amin..

Aulya Syukur said...

smoga kita dpertemukan dengan malam yg mulia tsb..aminn

Wandiawan Blog said...

Bisa gak ya gue dapet malem lailatulqodar :(

Arif Abdurahman said...

Cara mengasah dan mengasuh jiwanya itu yg susah tuh.

IT DARE BLOG said...

semua muslim menginginkan malam ini, subhanallah :'(

salam kenal