Monday, January 14, 2013

5 Cara Mengatasi Mati Ide Dalam Blogging

Sumber Gambar: koesvianto.blogspot.com
5 Cara Mengatasi Mati Ide Dalam Blogging | Seseorang terkadang memiliki sebuah ide dan terkadang tidak memiliki sebuah ide sama sekali dalam penulisan sebuah blog. Padahal blog yang dikatakan hidup adalah blog yang di urus oleh si masternya (penulis blog). Si Master tersebut harus melakukan update terbaru agar blognya menjadi hidup dan tidak dikatakan sebagai blog zombie. Aku juga pernah mati ide dalam
penulisan sebuah blog dan blogku ini sempat tidak terurus. Tapi aku mulai berpikir bahwa ilmu itu terus berkembang dan tidak mungkin tidak ada ide, pasti ada ide. Sejak saat itu aku berusaha agar blog ini selalu hidup dengan cara melakukan update terbaru. Bagaimana cara aku mengatasi mati ide dalam blogging?. Ini adalah cara menurutku dan mungkin berguna untuk anda. Hanya sedikit berbagi dan inilah 5 Cara Mengatasi Mati Ide Dalam Blogging :
  1. Ide selalu muncul tidak terduga-duga. Kadang anda sedang duduk, kadang anda sedang berbaring tidur, dan bahkan anda sedang berada di toilet. Cara mengatasinya adalah bawalah buku catatan kecil atau kertas dan alat tulis di tangan anda. Gunanya anda dalam membawa catatan kecil dan alat tulis adalah untuk mengatasi ide yang tak terduga-duga. Dan apabila ada ide tak terduga-duga muncul dipikiran anda, maka tulislah ke buku catatan kecil anda.
  2. Bergabung di Yahoo Answer. Yahoo Answer adalah tempatnya orang bertanya dan pertanyaan seseorang di Yahoo Answer mungkin sebagai bahan pertimbangan dalam menulis artikel anda. Azas ini juga berguna untuk anda di Forum dan Situs Media Sosial.
  3. Buatlah Domain Blog atau Judul Blog yang Umum. Judul domain yang umum bisa membuat anda memiliki banyak ide yang lebih luas dibandingkan judul domain yang sempit. misalnya blog yang umum adalah detikdotcom dan misal judul blog yang sempit adalah misal belajarseodotcom. Situs detikdotcom pembahasan artikelnya lebih luas seperti kesehatan,politik,sosial,cara,dll. Kalau judul blog yang sempit pembahasannya itu itu saja. So, buatlah judul blog yang bersifat umum dan jangan terkeco oleh judul blog yang bersifat sempit. Judul blog yang bersifat sempit digunakan untuk penjualan maksudnya anda menjual produk anda sendiri. Akan tetapi dalam dunia blogging blog anda harus bersifat umum, sebab anda di tuntut dalam up to date artikel terus-menerus. So, bagaimana untuk para blogger yang sudah terlanjur membuat judul blog bersifat sempit?. Maka saranku adalah kuasai bidang anda dan terus kembangkan ilmu anda okey :). 
  4. Lakukan ATM (Amati Tiru Modifikasi). Seseorang yang artikelnya copy paste pasti sedikit pengunjungnya dibandingkan orang yang membuat artikelnya sendiri. Kebanyakan bahkan semua orang yang di dunia ini begitu juga aku pasti mengamati lalu meniru dan akhirnya memodifikasi sesuatu. Misalnya contoh di Indonesia terdapat Girlband dan Boyband yang gayanya agak meniru kekorean. Hal ATM ini juga berlaku untuk para Master Blogging. Si penulis blog yang sedang membuat artikel misalnya "Membuat Uang Melalui Blogging" pasti ia melakukan ATM. kalau gak percaya anda lakukan pencarian di mesin pencari dengan kata kunci "Membuat Uang Melalui Blogging". Pasti di mesin pencarian banyak sekali artikel yang membahas hal tersebut dan pembahasan dari setiap blog hampir sama, soalnya hal ini berdasarkan pengalamanku.
  5. Kalau Menulis Artikel Gunakan Otak Kanan. Otak Kanan adalah otak imaajenasi. Ya, imajenasi. Imajenasi itu adalah khyalan atau angan-angan. Kebanyakan ide itu muncul tak terduga-duga dan setelah itu hilang entah kemana. Ide yang muncul tak terduga-duga asalnya dari imajenasi atau berkhayal atau berpikir angan-angan. Itulah sebabnya kalau menulis lebih baik menggunakan otak kanan jangan otak kiri. Otak kiri berperan penting dalam perhitungan atau bersifat perhitungan logis dan lain sebagainya. Dan orang yang ingin menjadi penulis terkenal pasti ia memakai otak kanannya dalam melakukan penulisan, Karena dalam penulisan diperlukan sebuah imajenasi yang cukup kuat.
Itulah 5 Cara Mengatasi Sembelit :D (just kidding). Maksud saya 5 Cara Mengatasi Mati Ide Dalam Blogging dan artikel ini mungkin berguna untuk anda. Aku bilang Mungkin lho :D. So, jadikan blog anda hidup dan jangan biarkan blog anda menjadi blog zombie :).

5 komentar:

Fachri said...

yg no.4 ane pling stuju. rata" artikel blogger yg stu dengn yg lain hampir sama. pling kata"a dirubh sdikit. tp mnurut agan itu sah sah aja gak, klau dia sertakan sumber'a??

mariyanto widodo said...

Siip mas tips nya. Saya setuju dengan opini anda.

reendra setyawan said...

saya setuju
saya juga kadang kadang kalau mati ide saya pakai rumus sinonim kalau buat post

yg penting gk sama persis kayak aslinya

kalau sama namanya copas kalau beda dikit namanya kreatif

hehehhe

Heru Prasetyo said...

Point 4 (ATM)Kalau kopas, tanpa diiringi hipotesis dan analisa, tetep dianggap plagiarisme kopas gak mutu, Karena tidak ada bahan yang bisa menjadi evaluasi. gak ada istilah kopas itu kreatif. itu yang membedakan antara "Gak mau belajar" dengan Ilmu yang difrasekan sendiri

belajar bisnis Afiliasi said...

Jujur saya katakan, saya sering kali mengalami kebuntuan ide dalam penulisan materi ngeblog dan dampaknya yang saya alami yaitu tak seorangpun yang mau berkunjung ke blog saya. sampai saat ini saya sering kali mencari dan mencari bagaimana mencari ide ngeblog biar tidak mati gaya hehee. sampai saya baca tulisan sobat ini saya jadi tergugah hati kecil saya untuk selalu berkarya. Saya berharap bisa memahami arti tulisan ini secara mendalam.Terima kasih ya sobat.