Friday, March 15, 2013

Alasanku Saat Ini Mengapa Aku Tidak Copas Artikel Blognya Orang Lain

Alasanku Saat Ini Mengapa Aku Tidak Copas Artikel Blognya Orang Lain | Wuiiih Judulnya agak panjang ya sampai-sampai URL blognya mungkin tidak terlihat semua :). Yaaaa memang sih aku memakai judul yang panjang supaya anda mengetahui isi tulisan artikel ini. Karena artikel ini kalau menurutku sangatlah penting sebab ini adalah salah satu kunci dari kunci-kunci keberhasilan sebagai penulis blog. Mungkin sebagian orang sudah mengetahui copas atau katakanlah copy paste artikel di dunia blog. Dan mungkin sebagian orang pemula belum mengetahui efek samping negatif dari blognya yang isinya artikelnya mengambil dari blognya orang lain.
 
Jujur saja aku dulu adalah seorang copas artikel, namun apa di kata aku mulai stress, galau, dan pusing 1753 keliling akibat efek samping dari copas artikel. Efek sampingnya antara lain yaitu tidak begitu mencintai blognya yang telah di rajut sejak lama. Terus pengunjung yang datangnya sedikit atau posisi blog di mesin pencari tidak ada di 10 besar, akhirnya putus asa dalam blogging. Dan yang paling parahnya lagi yaitu tidak ada taste atau rasa atau penghargaan terhadap blog dan artikel yang aku taruh di blogku. Oleh sebab itu aku tidak mencintai blogku dan akhirnya aku selalu membuat situs blog yang lain-lain. Bayangkan, dulu aku itu membuat situs blog itu banyak sekali sampai-sampai tidak terhitung dan banyak sekali blogku yang menjadi blog zombie.


Dan akhirnya dengan belajar dan mencari sebuah informasi mengenai cara menjadi penulis. Akhirnya aku baru memahaminya bahwa jika ingin menulis sesuatu, maka tulislah dengan otak kanan dan jangan gunakan otak kiri sebab otak kanan dan otak kiri sistem kerjanya berbeda. Kalau otak kanan berhubungan dengan imajenasi sedangkan otak kiri berhubungan dengan logis, perhitungan dll. Dan aku juga membaca di internet yang berjudul "Cara menjadi Penulis" Bahwa ide itu datang secara tiba-tiba. Maka hal yang harus diperhatikan untuk menangkap sebuah ide harus mencatat di buku kecil atau di Hp anda jika ide itu muncul di pikiran anda.

Aslinya ada kemungkinan-kemungkinan orang itu copas artikel blognya orang lain. Dan kemungkinan-kemungkinan itu antara lain :
  1. Ingin Instan.
  2. Belum Tahu apa yang ingin di tulis di blognya.
  3. Tidak Percaya diri terhadap tulisannya.
  4. Malas menulis.
  5. Mengukai artikel tersebut.
  6. Ngefans dengan si penulis blog tersebut. 
  7. Ingin daftar Google Adsense.
  8. Ingin cepat dapat pengunjung di blog.
  9. Ingin Menghasilkan uang melalui blogging
  10. Belum tahu tulisan apa yang disukainya atau hobinya.
  11. Dll, Dsb, Dan apalah atau Dan opo onoke :D
Dan menurutku yaaa, jika anda menemukan tulisan anda di jiplak atau di copas di blognya dan anda tidak menyukai hal tersebut, maka kalau menurutku siih tidak masalah sebab kan sudah ada Google Sandbox. Google Sandbox di buat oleh google untuk menghancurkan atau menghilangkan di mesin pencari artikel yang copas. Dan menurutku juga yaaa tidak masalah sebab tujuan blogging kan untuk berbagi ilmu tapi alangkah baiknya yaaa si copas memberikan sumber artikel darimana asalnya. 
 
Saran dariku atau Kesimpulan yang dapat di ambil dari artikel ini adalah Lebih baik buatlah tulisan sendiri di blog anda. Karena dengan menulis sendiri, maka akan timbul taste atau rasa di dalam tulisan anda dan anda akan lebih menghargai tulisan dan blog anda. Tulislah apapun itu yang anda sukai di blog anda. Tapi jangan menulis yang berbau SARA yaaa karena tidak diperbolehkan. Masalah ingin tulisan anda banyak pengunjungnya atau ingin blog anda jadi terkenal. Tergantung dari anda bagaimana membaca situasi dan kondisi teman anda dan jaringan anda. Pokoknya syaratnya satu yaitu jika blog anda ingin banyak pengunjungnya, maka anda harus bisa membaca pikiran para pengunjung yaitu hal apakah yang ingin dia ketahui atau hal apakah yang ingin dia cari :).

4 komentar:

sabda awal said...

bener, kalo copas memang kita ngga cinta sama blog sendiri, ane alami itu sendiri... lagian kalo copas sama sekali ngga menghasilkan kreatifitas apa-apa.

Nulis sendiri kan lebih enak, bahasanya yang kita gunakan juga unik, jadi google bisa search dengan cepat, sama kayak blog yang ane buat, 4 artikel nya udah nongol di page goolge lho, padahal masih sedikit nulisnya

Shakti Nugroho said...

yang ini juga ngebahas soal copas2an haha
lagi mainstream banget yak? :P

Suci Nabbila said...

woaaah, ada ya aplikasi google sandbox (O.O) *buruburu searching*

Fikri thufailiy said...

mantap tuh :)
tulis aja apa yang kita tahu, yang sederhana, biasa dan hal2 kecil gak masalah

dan benar lah...
ide menulis itu tiba2 datangnya...
gak tau waktu, saat bangun tidur, mau tidur, naik motor, main hp, main gem, bahkan mungkin saat menulis artikel/ esai :) dll

namun juga gak bisa dipaksa :D
kadang kita pengen cepet dapat ide, eh tapi idenya gak keluar2 :D

nice
salam kenal