Saturday, December 22, 2012

Ciri-ciri Komentar Spam

Ciri-ciri Komentar Spam. Spam adalah sebuah pengiriman bertubi-tubi dengan maksud Si Spammer melakukan promosi. yaaa seperti gambar di bawah ini :
Ciri-ciri Komentar Spam

Jadi anda jika terkena komentar spam seperti gambar diatas :). Oke aku lanjut, Komentar spam sangat merugikan sekali bagi blog yang dikomentari. Khususnya blog yang dikomentari menggunakan azas blog
dofollow. Soalnya akan mengganggu reputasi situs tersebut. Aku selalu mengunjungi blog yang melakukan spam dan aku mengecek blog tersebut apakah dia blog dofollow atau nofollow. Ternyata apa yang aku ketahui ? Blog orang yang melakukan spam komentar adalah blog nofollow dan dia menuliskan di kotak komentarnya yaitu "Jangan melakukan Spam di blog ini. Jika melakukan komentar spam, maka komentar akan dihapus" Yaaa, kurang lebih tulisannya seperti itu. Aku mulai berfikir ternyata orang yang melakukan spam mengetahui bahwa komentar spam bisa menggangu reputasi situsnya. Memang sih dulu aku pernah melakukan spam. Waktu itu aku belum tahu apa-apa dan waktu itu aku juga mendapatkan sebuah informasi yaitu lakukan promosi di kotak komentar agar dapat backlink. Padahal melakukan promosi di kotak komentar, itu di anggap spam oleh Pihak Google. Sampai pernah blog ini dibanned dan Alhamdulillah blog aku bisa diselamatkan. Makanya sebagian posting blog aku ada yang aku hapus, karena mungkin itu penyebab blog aku dibanned. Kebanyakan kotak komentar yang rentan terkena spam yaitu NAMA/URL seperti gambar di bawah ini:
Spam
Oke aku langsung saja Ciri-ciri Komentar Spam:
1. Komentarnya selalu melakukan promosi.
2. Komentarnya selalu tidak berhubungan dengan pembahasan blog tersebut. Semua blog diberikan kotak komentar itu bertujuan untuk mengomentari isi artikel tersebut dalam arti berdiskusi bukan melakukan spam.
3. Gambar diatas NAMA= selalu isinya judul promosi bukan nama sesungguhnya.
Pengecualian menurutku :
1. Melakukan komentar promosi sesuai dengan pembahasan dan bertujuan untuk memecahkan masalah atau membantu itu diperbolehkan menurutku.
2. Menurutku komentar singkat itu bukan spam. Asalkan sesuai dengan pembahasan yang di bahas.
Ingat komentar spam itu merugikan blognya orang lain dan diri sendiri. Kalau merugikan diri sendiri yaitu Blog anda bisa dibanned oleh google. Ingat Google itu Masternya Programmer atau katakanlah Masternya Internet. Masak, google bisa dikibulin. Diakan lebih pintar dari kita :). Mungkin postingku kali ini ada yang Pro dan ada yang Kontra dan aku kembalikan kepada masing-masing diri. Dimikian postingku kali ini. Jika ada kesalahan dalam penulisanku mohon dimaafkan. 

19 komentar:

Ady Blink said...

wah aku juga pernah sob, ada seorang yang komen singkat banget trus dia cantumin di bawah alamat blognya, kan udah ada name and url masak dia masih masukin linknya lagi dikomentar, setelah aku kunjungi ke blognya eh di atas form komentarnya tertulis jangan memasukkan link dalam komentar, aku jadi heran kok ngelarang apa yang dia kerjakan, he,,he,,

Anonymous said...

wah kaya gitu ya sob ... saya juga sering di komentari pemilik usaha onlen , kaya jasa angkutan DLL..
tapi ada juga temen blog yang baik terdeteksi sepam pas liat di dasbor Blog d menu komentar...
infonya trims udah mengingatkan...

Izicart said...

wow.. makasih resepnya gan..

Limit Post said...

blog saya jadi sarangnya om :'(

Rudiansyah said...

Dulunya saya juga kena komentar Spam, bahayanya lagi ame 500 komentar... artikel jd deindex,,, lama keindeks.. setelah dihapus udah aman lagi seperti normal...

Reo Adam said...

blog saya nofollow sob,dan saya tidak pernah nyepam diblog manapun.
tapi yg herannya justru saya sering kena spam,tapi itu bisa diatasi...cek komentar yg kita anggap spam trus karantina atau hapus komen tersebut.

terimakasih sudah berbagi ilmunya sob,salam sukses

mbogo.net said...

Betul mas Reo,kita bisa cek di seting koment, kalau ada yang terdaftar sebagai komentar spam, delete aja.

Hendra Hacc said...

Makasi ilmunya sob. Moga komen sy bukan kategori spam. :)

Blog saya jg nofollow tapi saya gak pernah nyepam di blog orang.

way priaz said...

Makasi moga koment saya spam sob hihi

Anonymous said...

Kayaknya blog saya sering ada koment yang Spam,,,
Iya sih kebanyakan masukin Link dalam komentar tapi Link mati kalau link hidup kagak kayaknya.

Biar di kasih warning jangan masukin Link dalam komentar!!!
Tetep aja mereka yang koment kagak ngarti apalagi blogger2 Monetize suka masukin link iklan atau promo obat dll

jadinya capek deh :D

Hermanbagus said...

Nice info pokoknya sob, lebih buat kita berhati hati.

Aditia Novit said...

eemm perlu ada satpam nih buat mencegah terjadinya spammer?? :D

Supercoolzz said...

wah iya nih blog ane jadi banyak spam..-_-

Hack4rt said...

Enggg... Ane sekarang udah tobat deh promosi blog ane di blog orang lain hehe...
Maaf yaa bang @Reo Adam yang pernah :)

Mugniar said...

Memang nyebelin dapat komen SPAM. Kalo saya, ndak masalah sih kalo mereka pakai nama usahanya di kolom nama. Yang penting komennya jangan "Terimakasih atas artikelnya, sangat bermanfaat, saya akan mencoba" padahal tulisan kita gak ada apa2 yang ditulis yang bisa dicoba orang.

Atau "sukses lombanya" padahal postingan itu bukan untuk lomba. hiii gemes.

Nah ada juga tuh yang komennya masih masuk akal. Itu yang saya suka malah saya suka komen balik ke web mereka dengan "samoga usahanya sukses".

Malik Yo said...

Yah... berarti gw pernah spamming dong.

terima kasih banyak atas infonya ya bro,sangat bermanfaat bagi nih buat gw yang masih newbie

FAEDAH JAYA said...

Seperti pengalamanku sebelumnya mas bro.. Saya sampai pernah di kirim ke email dengan blog yang saya komentari.. Padahal waktu itu saya tidak tau tentang komentar spam. Ya dianggap sengaja tidak sengaja sih saya tidak tau, yang pasti saya suka dengan blog yang saya komentari, sampai sekarang pun saya juga kurang begitu jelas tentang komentar spam, hingga saya menemukan blog mas bro ini dan mencari tau seperti apa ciri2 komentar spam, Wah ternyata sebelumnya 80% komentar saya spam. Wah nie buat pelajaran baru bagi saya mas bro. mohon maaf dech pada teman2 yang blognya sudah saya komentari, saya tidak bermaksud spam, hanya saja belum tau.. mudah2an dimaafkan ya.. hehehe :)

Fachri said...

waaahh mmng bahaya juga ni di dunia blogger bnyk spamer hehe
gan jngn lupa follow blog ane yaa, blog agan udh ane follow ^_^

Feriantano.com said...

Terimakasih atas informasinya.